[REVIEW FILM] THE NUN : Teror Valak Sang Iblis

Masih ingat nggk dengan sosok hantu berbaju biarawati di film The Conjuring 2? Yah sosok hantu tersebut adalah Valak yang kemunculan yang misterius dan meneror Lorraine Warren di film The Conjuring 2. Dengan kemunculannya Valak membuat atensi para penggemar film horor menjadi penasaran siapa sosok hantu tersebut sehingga dibuatlah filmnya. Nah, kisah Valak ini akan terungkap dalam film The Nun oleh Warner Bros. Pictures. Yuk langsung simak aja ulasannya dengan berbau spoiler. Hehe

Berawal dengan adegan mencekam di salah satu biara di Rumania dua orang biarawati yang menyusuri lorong gelap dengan sisi kanan dan kiri ditempatkan banyak salib yang tertancap dan menggantuk sampai akhirnya tiba di ujung lorong dengan pintu yang bertuliskan "God Ends Here" kemudian salah satu biarawati masuk ke dalam pintu tersebut dan tidak lama kemudian muncul dengan penuh luka dan darah. Biarawati yang masuk kedalam pintu itu menyuruh biarawati pergi dan memberikan sebuah kunci. Kemudian disanalah muncul Valak yang mengakibatkan biarawati yang selamat memutuskan untuk bunuh diri lari keluar jendela biara dengan menggantung diri.

Adegan pembuka itu sukses membuat para penonton hanyut dalam film horor tersebut. Corin Hardy selaku sutradara berhasil menarik para penonton memasuki suasana yang mengerikan.

Film yang berlatar belakang di Rumania tahun 1952 mengisahkan tentang investigasi seorang pastur, Father Burke (Demian Bichir), dan seorang novis, Suster Irene (Taissa Farmiga), yang ditugaskan oleh Vatikan untuk menyelidiki kasus bunuh diri seorang biarawati di Biara Carta. Biarawati tersebut ditemukan tewas dalam keadaan kepala tergantung di luar biara oleh seorang pengantar suplai makanan, Frenchie (Jonas Bloquet). Penugasan ini membuat Father Burke penasaran apakah sebenarnya yang terjadi atas kematian biarawati.

Sumber : Warner Bros. Pictures

Suasana biara yang seharusnya memancarkan aura tempat suci tidak tampak disini, ditambah dengan biara yang terletak jauh di atas bukit terpencil dan tidak tersentuh oleh penduduk lokal setempat. Saat memasuki biara sudah tampak banyak salib yang tertancap di tanah mengelilingi biara. Suasana horor kental terasa.

Frenchie menyetujui untuk mengantarkan Father Burke dan Suster Irene ke biara Carta. Frenchie menuntun mereka masuk melalui gudang suplai karena disana dia meletakan mayat biarawati yang bunuh diri. Suasana terasa aneh dan mencekam saat mereka melihat maya tersebut dan saat Frenchie mengatakan "saya meninggalkan dia dalam keadaan terbaring bukan dalam keadaan terduduk". Seharusnya sih adegan ini bikin bulu kuduk merinding dan deg-degan karena pasti terdapat hal janggal tapi nyatanya Father Burke terlalu berani dan mendekat kemudian menemukan kunci yang di genggam oleh mayat biarawati itu.

Sumber : Warner Bros. Pictures
Sumber : Warner Bros. Pictures

Kejadian supranatural yang terjadi saat Father Burke dan Suster Irene saat mulai menginvestigasi di  dalam biara. Kemunculan-kemunculan sosok Valak dan hantu-hantu lainnya menambah debaran jantung semakin kencang.

Saat investigasi semakin berlanjut dan semakin dalam Father Burke dan Suster Iren semakin diteror oleh kekuatan jahat dan mendapat serangan fisik. Para biarawati menyuruh suster Irene berdoa tanpa henti meski apapun yang terjadi karena itulah satu-satunya cara menghentikan kekuatan jahat sang iblis. Saat suster Irene berdoa dengan para biarawati dia diserang dengan munculnya pentagram bintang di punggung Suster Irene dan para biarawati terpental hingga terluka. Saat itu datanglah Father Burke dan Frenchie datang untuk menolong. Saat suster Irene kembali menoleh untuk mengajak berdoa bersama ternyata para biarawati tersebut hanya ilusi. Ternyata suster Irene mendapat penglihatan bahwa kejadian seperti itu dulu yang terjadi dibiara ini.

Sumber : Warner Bros. Pictures

Namun ada beberapa hal yang menurut saya what? loh kok begini yah? kayak adegan sosok mayat biarawati yang menyerang Father Burke di gudang penyimpanan dan di tembak mati pake shotgun sama Frenchie. Hantu loh bisa di tembak? dan ada adegan yang Valak repot-repot muncul dengan mencekik Frenchie padahal kan Valak dengan teriak aja dia udah bikin orang mental. See kan? Ada adegan yang di luar nalar gitu, hantu kok cupu? eh.

Yang sangat di sayangkan dari film ini sebenernya expektasi Ume tuh bisa menemukan asal usul kenapa adanya Valak tetapi di sini nggk diceritakan pokoknya Valak sudah ada sebagai iblis aja,  dan ceritanya lebih fokus terhadap teror yang diberikan Valak kepada para pemain. Kecewa sih di luar harapan yang ada terlebih lagi Make Up hantunya terlalu bold jadi seperti mirip zombie gitu. Tidak hanya adegan seram semata dalam film ini tapi juga penonton di suguhkan dengan selipan adegan humor yang bikin ketawa agak receh.

Seharusnya sih menurut Ume disuguhkan pergolakan batin dan keimanan masing-masing pemain sehingga dapat menciptakan gereget dalam alur ceritanya. Dan juga sosok jahat sang iblis Valak yang muncul di The Conjouring 2 di filmnya sendiri tidak tampak sosok jahat dan menakutkan. Kayaknya film ini bakalan bisa jadi film paling horor tak terlupakan kalau digarap dengan lebih baik lagi, mungkin sutradaranya sudah terbebani dengan sosok Valak jadi tidak terlalu fokus dengan intrik yang harus ada dalam cerita.

Meskipun begitu dengan arahan sutradara Colin Hardy yang dapat “menghidupkan” perspektif penonton. Semuanya dipadukan dengan hidangan jumpscare yang tidak terduga. Tidak berlebihan dan tidak pula kurang. The Nun, merupakan cerita horor yang sederhana, tapi kita sudah bisa menebak, kemana arah cerita ini mengalir. Namun, akan selalu ada kejutan-kejutan tidak terduga yang akan sulit untuk ditebak.

So far, I enjoy watching this movie but not make me scared or make me can't sleep at the night.


Temen-temen udah bisa menyaksikan film The Nun di bioskop kesayangan karena filmnya sudah rilis tanggal 7 September 2018. Selamat menonton!


Komentar

  1. Setuju. Entah ekspektasi terlalu tinggi krn kirain asal muasal si valak ini bakal dijelasin. Taunya udah bentukannya iblis aja gitu

    BalasHapus
  2. Hmmm, aku termasuk yang belum nonton film ini. Denger denger dari temen karna katanya film nya gak seheboh conj 2 jadi tambah ragu nonton... Tp angger we penasaran teh wkwk haturnuhun infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia lebih serem di conjuring 2 kemunculan dia drpda solo karir ny hahha

      Hapus
  3. banyak penonton yg kecewa katanya, aku pernah cek di imdb ratingnya 4/10, kaget

    BalasHapus
  4. Ntap euy teh reviewnya berasa lg curhat, tulus bgt cerita nya hehe. Tfyi teteh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... curhat pribadi yah. Abisnya kecewa jauh sama expektasi

      Hapus
  5. Aku sudah nonton di hari pertama release teh. Dan first time banget nonton perdana awal release nya, apalagi the Nun. Aku setuju teh sama hal-hal agamis yang serasanya kurang di tonjolkan dari film ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho'oh harusnya kan ada sisi agamisnya kenapa dia berwujud kyk gitu. Ah sayang banget

      Hapus
  6. aku baru bange nonton kemarin. liat d sosmed byk penonton yg kecewa, tp akumah orgnya penakut bangeettt jd tetep menurut aku menyeraamkaaan dan menakutkaannn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa.. banyak jumpscared nya sih terus suaranya juga. Makanya syok

      Hapus
  7. penasaran pengen nonton, tapi liat reviewnya yang ngga terlalu bagus, ngga jadi deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia ☹ tp ttp bnyk yg penasaran dengan berujung kecewa

      Hapus
  8. Selalu menarik deh nyari sesuatu yg ga make sense di film horrorπŸ˜€

    BalasHapus
  9. Yah begitulah, hantu kadang cupu juga. Jadi kayak sinetron ya kalo hantunya cupu. Mbok yang lbh pinter gitu ya hihi. Kalo kata anak saya, "hantu tidak waras" wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyk hantu indonesia *eh tp tp hantu indonesia lebih serem penampakannya dri Valak. Hahaa

      Hapus
  10. Banyak review yang bilang begini.. apalah mamak ini, gak punya waktu ke bioskop. Jadi sering bacain spoiler ini aja. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti nanti anaknya bawa juga ke bioskop terus ntn hantu biar jd pemberani. Hahaa

      Hapus
  11. Aku ga bisaaaaa nnton film sereeem trus baca review an ini juga ak sambil ditemenin saking penakutnya hahaha

    BalasHapus
  12. Baca ini jd makin fix ga akan nonton wkwkkwk...emang dasarnya sy ga suka nonton horor siyy xixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa... udh gk suka ntn horor trus film ny gk seru ya udh deh

      Hapus
  13. Ternyata jauh diluar ekspektasi ya filmnya. Tapi tetep penasaran ingin nonton, cuma kayaknya nggak bakalan ke bioskop, streaming aja kalo udah lamaan πŸ˜‚

    BalasHapus
  14. oh ternyata filmnya diluar ekspektasi kebanyakan penonton ya

    BalasHapus
  15. dari kemaren ga pernah sempat nonton film ini, penuh semua bioskop nya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia emang penuh.. sampe 1 bioskop 5 studio full sama film ini semua

      Hapus
  16. Awalnya penasaran pengen nonton krn gosipnya heboh kalo film ini nyeritain sejarahnya valak, tp ga jadi karna setelahnya banyak yg review kecewa haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggk ada sejarahnya 😭 udh terbentuk gitu aja jd Iblis.. kecewa daku kecewa

      Hapus
  17. Duuh aku belum ntn niih.. ini film super booming banget ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Booming banget mbak, sampe biskop ampir semua studionya muter film si enun ini hihii

      Hapus
  18. Belum sempat nonton, hadeuuh. Ada sedikit gambaran nih, thanks

    BalasHapus
  19. Banyak review yg bilang emang The Nun ini nggak sekece ekspektasi kita yaaa.. Tapi lumayan kali ya buat hiburan.. Hihihi. Aku malah penasaran sama Crazy Rich Asian. UAda rencana nonton ngga? jangan lupa buat reviewnya juga yaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia nih.. karna sutradaranya beda sama the conjuring 2 jd yah begini adanya ceritanya..

      Aku mau ntn juga nih Crazy Rich Asian ntr tak review ya hahah

      Hapus
  20. pemgen banget nntn si valak ini huff

    BalasHapus
  21. Kurang seram..gak asyik donk..., Kurang deg degan nya ya...

    Padahal penasaran ..ternyata gak seseram yg dibayangkan..

    BalasHapus
  22. Aku sih ga berani nonton Valak ini, baca reviewnya aja udah merinding

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... lebih merinding mana di deketenin sama mantan? **Eh kok

      Hapus
  23. Banyak review yang saya baca katanya film ini kurang serem. Tapi, buat saya pasti udha serem banget. Saya mah penakut anaknya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee.... serem sama sound ny teh yg tiba tiba dorrrr!

      Hapus
  24. "Hantu kok cupu"
    asli saya baca ini langsung ketawa wkwkwkwkwk..
    jadi tarik ulur nih mau nonton apa gak ya si The Nun ini deh. reviewnya beda2 euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehee... ho'oh tingkat imajinasi org2 beda2 jd banyak yg puas dan nggk.. hahaa

      Hapus
  25. Di cianjur tidak ada bioskop. Ga tahu deh kapan bisa nonton. Beruntung nih ada ulasannya. Jadi ngebayangin oh, valak tu kaya gitu ya. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya dulu ada bioskop yah teh di cianjur? Udh gk ada skrg mah?

      Ia valak berwujud begitu. Hehe

      Hapus
  26. Aku belum sempat nonton euy,,agak takut sih klo nonton film horor haha maklum penakut -_-

    BalasHapus
  27. untuuung baca review ini pagi hari. Hahahah.
    Aku ga mau nonton ah, atuuut!

    BalasHapus
  28. Jumat ini harusnya aku nonton ama teman pilem Nun ini. Soalnya penasaran mba. Kebayang serunya dan seremnya pilem ini. Hehhe

    BalasHapus
  29. Duh, untunglah belum nonton, hihi. Selain atut ternyata ga terlalu sesuai ekspektasi juga ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia nih, sayangnya sepertinya mengecewKan banyak penonton yg berimajinasi tinggi

      Hapus
  30. aku sempet banget pengen nonton... tapi belum sempet ini gara-gara belum bisa ninggalin si kecil

    BalasHapus
  31. Aku baca paragraf awalnya lansung mbayangin seremnya haha. Moga minggu ini bisa nonton. Makasih sedikit bocorannya :D

    BalasHapus
  32. Penasaran ama film ini, katanya seru banget ya

    BalasHapus
  33. Jadi penasaran pengen nonton aku mba. Memang seru banget katanya ya film horor ini.

    BalasHapus
  34. paraahhhh!!!! ini film nakutin banget, aku udah nonton dan sangat2 menegangkan, recomended buat pecinta horor :D

    BalasHapus
  35. Ahaa kukira hantu di sana lebih keren, taunya sama ajah. Aku penakut nonton horor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Make up artisnya lg galau mba makanya kurang ok jd ny.. hahAa

      Hapus
  36. wah rame juga yaaa yang bahas The Nun ini, tapi aku tetep ga mau nonton apalagi klo sendiri, soalnya takut film horror, ahahhahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa... nontonya rame rame biar gk takut 😁

      Hapus
  37. Paling ga berani nonton film horor. Cukuplah saya baca reviewnya aja, itu pun jarang bgt.hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar